Perbedaan SNBP dan SNBT – Memahami Perbedaan Antara Dua Sistem Penilaian di Indonesia

Perbedaan SNBP dan SNBT- Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan kesempatan yang lebih luas kepada siswa di seluruh Indonesia, pemerintah telah mengembangkan dua sistem seleksi utama untuk masuk ke perguruan tinggi atau lembaga pendidikan tinggi lainnya: Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Kedua sistem ini memiliki tujuan yang sama, yaitu memfasilitasi akses pendidikan yang lebih merata dan adil. Namun, metode seleksi yang digunakan oleh masing-masing memiliki perbedaan yang signifikan. Artikel ini akan mengupas tuntas perbedaan antara SNBP dan SNBT, memberikan pandangan yang lebih jelas mengenai kedua mekanisme seleksi ini.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

SNBP adalah sistem seleksi yang memprioritaskan prestasi akademik dan non-akademik siswa selama menempuh pendidikan di sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat. Sistem ini mengakui dan memberi penghargaan kepada siswa yang memiliki rekam jejak prestasi yang luar biasa, baik itu dalam bidang akademik maupun ekstrakurikuler.

Kriteria Seleksi SNBP

  • Prestasi Akademik: Nilai rapor, penghargaan di olimpiade ilmiah, serta prestasi akademik lainnya.
  • Prestasi Non-Akademik: Penghargaan di kompetisi seni, olahraga, dan bidang non-akademik lainnya yang diakui secara nasional maupun internasional.
  • Portofolio: Dokumen yang mencakup bukti fisik dari prestasi dan kontribusi siswa di berbagai bidang.

Tujuan SNBP

  • Memberikan kesempatan kepada siswa berprestasi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tanpa harus melalui tes masuk yang kompetitif.
  • Mendorong siswa untuk berprestasi di sekolah dan di luar sekolah.

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

SNBT, sebaliknya, adalah sistem seleksi yang menggunakan tes sebagai alat utama untuk menilai kompetensi dan kemampuan siswa. Tes ini dirancang untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan kemampuan berpikir kritis mereka. SNBT terbuka untuk semua siswa yang memenuhi syarat pendaftaran, tanpa memandang prestasi akademik atau non-akademik sebelumnya.

Kriteria Seleksi SNBT

  • Tes Potensi Akademik (TPA): Mengukur kemampuan berpikir logis, kritis, dan analitis siswa.
  • Tes Kemampuan Dasar: Tes yang mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran seperti Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Kemampuan Bidang: Tes yang lebih spesifik sesuai dengan jurusan atau program studi yang dipilih.

Tujuan SNBT

  • Memberikan kesempatan yang sama kepada semua siswa untuk bisa masuk ke perguruan tinggi berdasarkan kemampuan yang mereka miliki.
  • Menciptakan sistem seleksi yang objektif dan adil, yang tidak hanya berdasarkan pada rekam jejak akademik siswa.

Perbedaan Utama antara SNBP dan SNBT

Perbedaan mendasar antara SNBP dan SNBT terletak pada kriteria seleksi dan tujuan dari masing-masing sistem. Berikut adalah ringkasan dari perbedaan utama antara kedua sistem seleksi ini:

1. Basis Seleksi

  • SNBP berfokus pada prestasi akademik dan non-akademik yang telah dicapai siswa selama menempuh pendidikan di SMA/sederajat.
  • SNBT menggunakan tes untuk menilai kemampuan dan potensi akademik siswa, tanpa mempertimbangkan prestasi sebelumnya.

2. Tujuan Seleksi

  • SNBP bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi dengan memberikan akses langsung ke perguruan tinggi.
  • SNBT bertujuan untuk menciptakan kesempatan yang sama bagi semua siswa untuk dapat bersaing berdasarkan kemampuan yang dimiliki saat ini.

3. Kesempatan bagi Siswa

  • SNBP memberikan kesempatan kepada siswa yang telah menunjukkan prestasi luar biasa.
  • SNBT memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk membuktikan kemampuan mereka melalui tes.

4. Persiapan

  • SNBP membutuhkan siswa untuk mengumpulkan dan menyiapkan bukti prestasi yang telah dicapai.
  • SNBT membutuhkan siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi tes, baik itu TPA, tes kemampuan dasar, maupun tes kemampuan bidang.

Kesimpulan

SNBP dan SNBT adalah dua sistem seleksi yang memberikan peluang kepada siswa di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan kesempatan yang adil bagi semua siswa. Namun, dengan pendekatan yang berbeda, SNBP dan SNBT menawarkan jalan yang berbeda bagi siswa untuk mencapai impian mereka. Bagi siswa berprestasi, SNBP memberikan pengakuan atas kerja keras mereka. Sementara itu, SNBT memberikan kesempatan bagi semua siswa untuk bersaing berdasarkan kemampuan yang dimiliki saat ini, memastikan setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk meraih pendidikan tinggi.

Testimoni Premium Cerebrum

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium SNBT Cerebrum 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal SNBT 2024 ” 🌟

Kunci sukses SNBT adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal SNBT seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi Cerebrum: Temukan aplikasi Cerebrum di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun Cerebrum Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “SNBT2024” untuk mendapat diskon sebesar Rp 10,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES2520”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal dan Try Out SNBT 2024? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top