"" PTN Jurusan Farmasi di Jawa Timur - Cari Jawabannya! PTN

PTN Jurusan Farmasi di Jawa Timur – Cari Jawabannya! PTN Jurusan Farmasi di Jawa Timur

PTN Jurusan Farmasi di Jawa Timur – Farmasi bukan sekadar ilmu tentang obat, tetapi juga cermin dari keahlian, ketelitian, dan pelayanan kesehatan yang holistik. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jawa Timur menawarkan wadah pembelajaran yang unggul bagi calon-calon apoteker masa depan. Melalui program-program berkualitas, para mahasiswa tidak hanya menggali ilmu teoritis, tetapi juga terlibat dalam praktik lapangan yang memperkaya pengalaman. Jawa Timur tidak hanya memiliki keindahan alam, tetapi juga menyimpan potensi bagi perkembangan ilmu farmasi yang berkualitas. Mari kita jelajahi bersama sepuluh PTN terbaik yang menjadi landasan bagi keunggulan dalam bidang farmasi di wilayah ini.

1. Universitas Airlangga (UNAIR)

UNAIR menawarkan program Farmasi yang terkemuka di Jawa Timur. Kurikulumnya mencakup teori dan praktik dalam ilmu farmasi, meliputi pemahaman tentang obat-obatan, kimia farmasi, dan praktik klinis. Mahasiswa belajar tentang proses pembuatan obat, distribusi, dan penggunaan obat secara efektif serta aman.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Program Farmasi di ITS menekankan pada pendekatan ilmiah. Mahasiswa belajar tentang prinsip ilmiah dalam pengembangan obat-obatan, farmakologi, dan riset dalam bidang farmasi. Mereka dilatih untuk mengidentifikasi masalah farmasi dan mencari solusi melalui penelitian.

3. Universitas Brawijaya (UB)

UB menawarkan program Farmasi yang memadukan pendidikan teori dan praktik. Fokus kurikulumnya mencakup pemahaman tentang industri farmasi, manajemen distribusi obat, dan keterampilan klinikal. Mahasiswa juga diajak untuk terlibat dalam praktik di rumah sakit atau apotek.

4. Universitas Negeri Malang (UM)

UM menekankan pada pemahaman ilmu dasar farmasi. Mata kuliahnya meliputi kimia farmasi, farmakologi, serta praktikum untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang obat-obatan dan penggunaannya dalam pengobatan.

5. Universitas Jember (UNEJ)

UNEJ menawarkan program Farmasi yang fokus pada pengembangan kompetensi profesional. Mahasiswa dilatih dalam berbagai aspek farmasi, mulai dari klinis, komunitas, hingga industri farmasi. Mereka juga mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam penelitian farmasi.

6. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

UMM menawarkan program Farmasi dengan fokus pada penerapan praktis ilmu farmasi. Kurikulumnya mencakup studi dalam bidang farmasi klinis, farmasi komunitas, manajemen farmasi, dan riset. Mahasiswa juga terlibat dalam praktikum di laboratorium modern.

7. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPN)

Program Farmasi di UPN menitikberatkan pada penguasaan ilmu farmasi yang komprehensif. Kurikulumnya meliputi studi tentang farmakologi, formulasi obat, farmasi klinik, dan manajemen farmasi. Mahasiswa juga belajar tentang regulasi obat.

8. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS)

UWKS menawarkan program Farmasi yang memadukan ilmu farmasi modern dengan aplikasi dalam praktik kesehatan. Kurikulumnya terdiri dari mata kuliah farmasi klinis, farmakologi, manajemen farmasi, dan farmasi industri.

9. Universitas Trunojoyo Madura (UTM)

Program Farmasi di UTM menawarkan pendidikan dalam ilmu farmasi yang mencakup farmasi klinis, farmasi komunitas, farmasi industri, dan regulasi obat. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengikuti magang di industri farmasi.

10. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang)

UIN Malang menawarkan program Farmasi yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman. Selain kurikulum farmasi yang komprehensif, mahasiswa juga dilatih dalam etika profesi farmasi sesuai dengan prinsip Islam. Mereka belajar tentang farmakologi, farmasi klinik, dan manajemen farmasi dengan perspektif islami.

Lihat Juga: Materi-materi Persiapan UTBK

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top