Contoh Soal SNBT Penalaran Umum – Asah Kemampuan Penalaranmu dengan 50 Contoh Soal SNBT Penalaran Umum

Contoh Soal SNBT Penalaran Umum – Penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 semakin dekat. Salah satu tes yang akan kamu hadapi adalah Penalaran Umum, yang bertujuan mengukur kemampuanmu dalam berpikir logis dan kritis.

Artikel ini menghadirkan 50 contoh soal Penalaran Umum SNBT 2024 yang anti-mainstream dan berbeda dari sebelumnya, lengkap dengan pembahasannya!

Bukan Soal Biasa, Tapi Tantangan Penalaran yang Mengasah Otakmu!

Berbeda dengan contoh soal Penalaran Umum yang biasa kamu temukan, soal-soal di sini dirancang untuk menantang kemampuan penalaranmu secara lebih mendalam. Kamu akan dihadapkan pada situasi yang kompleks dan ambigu, dan diminta untuk:

  • Mengidentifikasi informasi yang relevan: Kamu harus mampu memilah informasi yang penting dan mengabaikan yang tidak relevan untuk menyelesaikan soal.
  • Memahami hubungan antar informasi: Kamu perlu melihat keterkaitan antara berbagai informasi yang diberikan untuk menarik kesimpulan yang logis.
  • Menarik kesimpulan dan membuat prediksi: Kemampuanmu dalam menganalisis informasi dan memprediksi konsekuensinya akan diuji dalam soal-soal ini.
  • Menilai argumen dan mengidentifikasi bias: Kamu harus mampu menilai keabsahan argumen dan mengidentifikasi bias yang mungkin ada dalam suatu informasi.

Siap Hadapi Penalaran Umum SNBT 2024 dengan 50 Contoh Soal yang Menantang!

1. Soal Penalaran Logis

  • Soal 1: Di sebuah desa, terdapat 100 rumah. Diketahui bahwa 60 rumah memiliki anjing, 40 rumah memiliki kucing, dan 20 rumah memiliki anjing dan kucing. Berapa banyak rumah yang tidak memiliki hewan peliharaan?
  • Soal 2: Sebuah toko menjual baju dengan harga Rp100.000 per buah. Toko tersebut memberikan diskon 20% untuk pembelian 3 buah baju atau lebih. Berapa harga yang harus dibayarkan untuk membeli 5 buah baju?
  • Soal 3: Sebuah kereta api berangkat dari stasiun A pada pukul 07.00 WIB dan tiba di stasiun B pada pukul 10.00 WIB. Jarak antara stasiun A dan B adalah 300 km. Berapa kecepatan rata-rata kereta api tersebut?

2. Soal Penalaran Verbal

  • Soal 4: Bacalah paragraf berikut: “Polusi udara menjadi salah satu masalah terbesar di kota-kota besar. Hal ini disebabkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor, industri, dan pembakaran bahan bakar fosil. Dampak polusi udara terhadap kesehatan manusia sangatlah berbahaya, dapat menyebabkan berbagai penyakit pernapasan, kanker, dan bahkan kematian.” Berdasarkan paragraf tersebut, apa yang dapat disimpulkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah polusi udara?
  • Soal 5: Kalimat manakah yang memiliki makna yang sama dengan kalimat berikut: “Meskipun dia telah belajar dengan giat, namun dia tidak mendapatkan nilai yang memuaskan pada ujian.”
    • A. Dia tidak belajar dengan giat, sehingga dia tidak mendapatkan nilai yang memuaskan pada ujian.
    • B. Dia tidak mendapatkan nilai yang memuaskan pada ujian, meskipun dia telah belajar dengan giat.
    • C. Dia mendapatkan nilai yang memuaskan pada ujian, karena dia telah belajar dengan giat.
    • D. Dia tidak belajar dengan giat, dan dia tidak mendapatkan nilai yang memuaskan pada ujian.
  • Soal 6: Perhatikan kalimat berikut: “Pemerintah akan meningkatkan anggaran pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.” Kalimat tersebut merupakan contoh kalimat …
    • A. Deklaratif
    • B. Interogatif
    • C. Imperatif
    • D. Eksklamasi

3. Soal Penalaran Analitis

  • Soal 7: Sebuah grafik menunjukkan hubungan antara jumlah jam belajar dan nilai ujian siswa. Dari grafik tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin banyak siswa belajar, semakin tinggi nilai ujiannya. Apakah kesimpulan tersebut selalu benar? Jelaskan alasanmu!
  • Soal 8: Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering mengonsumsi makanan pedas memiliki risiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah. Apakah penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa makanan pedas dapat mencegah penyakit jantung? Jelaskan alasanmu!
  • Soal 9: Dua orang sedang berdebat tentang solusi untuk mengatasi kemacetan di kota. Orang pertama mengusulkan pembangunan jalan layang, sedangkan orang kedua mengusulkan penerapan sistem transportasi publik yang lebih efisien. Menurutmu, solusi mana yang lebih efektif dan mengapa?

4. Soal Penalaran Kritis

  • Soal 10: Sebuah iklan produk kecantikan

Testimoni Premium Cerebrum

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium SNBT Cerebrum 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal SNBT 2024 ” 🌟

Kunci sukses SNBT adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal SNBT seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi Cerebrum: Temukan aplikasi Cerebrum di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun Cerebrum Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “SNBT2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES2520”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal dan Try Out SNBT 2024? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top