Beda SNBT dan Mandiri – Menakar Perbedaan: SNBT vs. Mandiri, Memilih Gerbang PTN yang Tepat

Beda SNBT dan Mandiri – Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) menjadi dua gerbang utama bagi para calon mahasiswa untuk menggapai mimpi di perguruan tinggi negeri (PTN) idaman. Masing-masing sistem seleksi memiliki karakteristik dan ketentuan yang berbeda, sehingga penting bagi calon mahasiswa untuk memahami perbedaannya agar memilih jalur yang tepat.

Artikel ini hadir untuk mengupas tuntas perbedaan antara SNBT dan SMPTN, mulai dari sistem seleksi, kriteria kelulusan, hingga tips menentukan pilihan yang tepat.

Menelusuri Sistem Seleksi

  • SNBT: SNBT merupakan sistem seleksi nasional yang menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Tes (UTBK) sebagai dasar untuk menentukan kelulusan calon mahasiswa di PTN. Calon mahasiswa mendaftar SNBT melalui akun SNPMB dan memilih program studi yang diminati.
  • SMPTN: SMPTN merupakan seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN dengan sistem dan kriteria seleksi yang berbeda-beda. Calon mahasiswa mendaftar SMPTN di website resmi PTN yang dituju.

Menakar Kriteria Kelulusan

  • SNBT: Kelulusan SNBT ditentukan berdasarkan nilai UTBK dan daya tampung program studi di PTN yang dipilih. Calon mahasiswa dengan nilai UTBK tertinggi yang memenuhi daya tampung akan diterima di program studi pilihan mereka.
  • SMPTN: Kriteria kelulusan SMPTN berbeda-beda di setiap PTN. Umumnya, SMPTN menggunakan nilai UTBK, nilai rapor, prestasi akademik dan non-akademik, serta kemampuan khusus sebagai bahan pertimbangan.

Membandingkan Kelebihan dan Kekurangan

AspekSNBTSMPTN
Sistem SeleksiNasional, terstandarisasiMandiri, bervariasi di setiap PTN
Kriteria KelulusanBerdasarkan nilai UTBK dan daya tampungBerdasarkan nilai UTBK, nilai rapor, prestasi, dan kemampuan khusus (bervariasi)
Peluang LolosPersaingan lebih ketatPeluang lolos lebih besar di PTN tertentu
Biaya PendaftaranLebih murahBiaya pendaftaran bervariasi di setiap PTN
Waktu PendaftaranDilaksanakan bersamaan dengan UTBKWaktu pendaftaran bervariasi di setiap PTN

drive_spreadsheetEkspor ke Spreadsheet

Tips Memilih Jalur yang Tepat

  • Kenali Minat dan Kemampuan: Pilihlah program studi yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu.
  • Pelajari Sistem Seleksi: Pahami sistem seleksi SNBT dan SMPTN, termasuk kriteria kelulusan dan peluang lolos.
  • Riset Daya Tampung: Cari tahu daya tampung program studi di PTN yang kamu minati.
  • Pertimbangkan Biaya Pendaftaran: Hitung biaya pendaftaran SNBT dan SMPTN dan sesuaikan dengan kemampuan finansialmu.
  • Manfaatkan Informasi Resmi: Gunakan informasi resmi dari SNPMB dan website PTN yang dituju untuk memastikan informasi terbaru dan akurat.

Kisah Inspiratif

  • Rina: Rina, seorang siswi SMA di Bandung, selalu bermimpi untuk masuk ke Universitas Indonesia. Dia mempersiapkan diri dengan matang untuk SNBT 2024 dan berhasil mendapatkan nilai UTBK yang tinggi. Rina diterima di program studi Teknik Informatika Universitas Indonesia melalui jalur SNBT.
  • Bayu: Bayu, seorang siswa SMA di Surabaya, memiliki minat yang kuat di bidang seni. Dia memilih untuk mendaftar SMPTN di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan berhasil lolos melalui jalur prestasi seni. Bayu mengembangkan bakat seninya dan meraih mimpi di ISI Yogyakarta.

Penutup

SNBT dan SMPTN menawarkan dua jalur berbeda untuk masuk ke PTN. Memahami perbedaan dan karakteristiknya menjadi kunci untuk memilih jalur yang tepat dan meningkatkan peluang lolos. Jangan lupa untuk selalu mempersiapkan diri dengan matang dan pantang menyerah dalam mengejar mimpi untuk menempuh pendidikan di PTN idaman.

Testimoni Premium Cerebrum

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium SNBT Cerebrum 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal SNBT 2024 ” 🌟

Kunci sukses SNBT adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal SNBT seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi Cerebrum: Temukan aplikasi Cerebrum di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun Cerebrum Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “SNBT2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES2520”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal dan Try Out SNBT 2024? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top