Bimbel TKA SMA 2025 – TKA bukan sekadar ujian biasa yang mengejar angka, tapi alat ukur yang dirancang untuk mengetahui seberapa jauh siswa mampu memahami dan menggunakan pengetahuan akademiknya dalam kehidupan nyata.
Apa Itu TKA?
Tes Kemampuan Akademik pada dasarnya dirancang untuk menilai kemampuan siswa dalam mengolah informasi, memahami prinsip dan konsep dasar pelajaran, serta menerapkan pengetahuan tersebut untuk menyelesaikan persoalan.
Tes ini bukan semata-mata mengukur hafalan, melainkan menilai sejauh mana kemampuan berpikir kritis dan pemahaman mendalam siswa terhadap materi.
Matematika Lebih dari Hitung-Hitungan
Pada ranah matematika, TKA mengevaluasi seberapa baik siswa memahami angka dan menerapkannya dalam konteks nyata. Materi yang diujikan berasal dari kurikulum nasional dan mencakup:
- Konsep bilangan
- Aljabar dan relasi antar variabel
- Geometri dan pengukuran
- Statistik dasar serta peluang
- Trigonometri
Menariknya, logika matematis tidak hanya berdiri sendiri, melainkan digunakan dalam situasi sehari-hari, seperti konteks keluarga, lingkungan sosial, hingga skenario global. Jadi, matematika dalam TKA bukan soal rumus semata, melainkan alat untuk memahami dunia.

Bahasa Indonesia Membaca Ujian untuk Kritis dan Peka
Siswa tidak hanya diuji untuk bisa membaca, tetapi juga ditantang untuk mengolah informasi dari berbagai jenis teks. TKA menguji dua jenis bacaan:
- Teks Informasi: bisa berupa laporan, artikel, hingga data ilmiah yang memuat fakta dan opini
- Teks Fiksi: cerita yang menampilkan konflik, tokoh, dan alur dengan kedalaman makna
Teks-teks ini dirancang dengan kosakata yang luas, struktur kalimat kompleks, dan panjang yang cukup menantang. Di sinilah kemampuan siswa untuk menyaring makna, menangkap nuansa, dan memahami konteks diuji.
Bahasa Inggris Ujian Pemahaman, Bukan Sekadar Terjemahan
TKA Bahasa Inggris tidak lagi sekadar menguji grammar atau vocabulary. Materi tes kini berbasis pada standar CEFR dan disesuaikan dengan dua tingkat kesulitan: B1 dan A2.
Tingkat B1 menyasar kemampuan intermediate, dengan teks sepanjang 250–350 kata, menggunakan bahasa sehari-hari dalam konteks pendidikan, kerja, dan sosial.
Sementara itu, tingkat A2 diperuntukkan bagi siswa yang masih dalam tahap dasar, dengan teks yang lebih sederhana dan padat makna.
Kompetensi yang Diukur Tiga Level Penting
Baik dalam matematika, membaca, maupun bahasa Inggris, TKA menggunakan tiga level berpikir sebagai kerangka penilaian:
- Level 1 – Dasar Pemahaman
Siswa diminta menghitung, mengelompokkan, dan mengenali konsep dari informasi sederhana. - Level 2 – Aplikasi Kontekstual
Menilai kemampuan siswa untuk menerapkan konsep dalam skenario nyata yang lazim dijumpai. - Level 3 – Penalaran Tinggi
Di level tertinggi, siswa diminta untuk menganalisis, mengevaluasi, hingga menyusun solusi dan kesimpulan secara logis.
Tujuan Pelaksanaan TKA
TKA bukan alat penghakim yang membatasi masa depan siswa. Sebaliknya, tujuan utama TKA antara lain:
- Memberikan gambaran objektif mengenai pencapaian akademik siswa
- Membantu sekolah dan guru mengembangkan metode pembelajaran yang lebih baik
- Memberi kesempatan bagi siswa dari jalur nonformal dan informal untuk setara
- Menjadi cermin bagi siswa dalam mengenali kekuatan dan kelemahan dirinya di bidang akademik
Kerangka TKA Berdasarkan Jenjang
TKA disusun khusus berdasarkan jenjang pendidikan agar sesuai dengan perkembangan usia dan kemampuan berpikir siswa:
- SMA/SMK/MA Sederajat
- SMP/MTs Sederajat
- SD/MI Sederajat
Setiap level menyesuaikan konten dan konteks soal agar tetap relevan, menantang, dan adil untuk semua peserta.
Contoh Soal Bahasa Inggris
Soal 1
Teks Bacaan:
Bali, a beautiful island in Indonesia, is known for its stunning landscapes and rich culture. While many come for the beaches and temples, the island also offers natural attractions that amaze nature lovers from around the world. From national parks and waterfalls to terraced rice fields, Bali is full of natural beauty…
Kompetensi: Pemahaman Tekstual
Sub Kompetensi: Mampu mengelompokkan orang, benda, tempat, atau peristiwa dalam teks berdasarkan kategori tertentu
Bentuk Soal: PGK Kategori
Kunci: A|B|C
Soal:
What is the main purpose of visiting these places: to support conservation or to relax?
Tabel Jawaban:
# | Places | Conservation | Relaxation |
---|---|---|---|
A | Munduk Waterfall | ✔ | |
B | West Bali National Park | ✔ | |
C | Tegalalang Rice Terrace | ✔ |
Soal 2
Teks Bacaan:
My Experience as an Intern at a Sports Club
Last summer, I had the opportunity to work as an intern at a local sports club…
Kompetensi: Pemahaman Inferensial
Sub Kompetensi: Menyimpulkan sifat atau kepribadian tokoh berdasarkan petunjuk eksplisit dalam teks
Bentuk Soal: PGK MCMA
Kunci: Pernyataan 1, 3, dan 4
Soal:
What are the best words to describe the writer’s personality during the internship?
(There is more than one correct answer)
Pilihan Pernyataan:
- areful and ready to help
- Confident and enjoys working alone
- Responsible and willing to learn
- Friendly and works well with others
- Creative and likes to try new things
Soal 3
Teks Bacaan:
My Experience as an Intern at a Sports Club
Kompetensi: Pemahaman Inferensial
Sub Kompetensi: Mampu memperkirakan isi selanjutnya dari teks
Bentuk Soal: Pilihan Ganda (PG)
Kunci: C
Soal:
What will the writer most likely do after finishing the internship?
Pilihan Jawaban:
A. Considering a career in sports medicine
B. Stop working and focus only on school
C. Look for another chance to work in a sports club
D. Study medicine to become a doctor
E. Train as a professional football player
Soal Bahasa Indonesia
Soal 1
Teks Bacaan:
Cerpen “Seragam” karya Aris Kurniawan Basuki
Paragraf menggambarkan kisah persahabatan yang erat antara tokoh dan sahabatnya, dengan pengalaman menghadapi insiden saat mencari jangkrik.
Kompetensi: Evaluasi dan Apresiasi
Sub Kompetensi: Menilai ketepatan bagian teks untuk menggambarkan karakter, peristiwa, atau latar dalam fiksi
Bentuk Soal: PGK MCMA
Kunci: C, D, E
Soal:
Kalimat mana saja dari kutipan cerpen tersebut yang membuktikan karakter sahabat tokoh saya merupakan seorang yang setia kawan?
Pilihlah jawaban yang benar. Jawaban benar lebih dari satu.
Pilihan Jawaban:
- Saya langsung menyatakan ingin ikut, tapi dia keberatan.
- Dia memang tidak memiliki banyak pakaian hingga seragam sekolah biasa dipakai kapan saja.
- Sahabat saya itu tanggap melingkupi tubuh saya dengan seragam coklatnya.
- Dia menggondong saya lalu berlari sembari membujuk-bujuk saya untuk tetap tenang.
- Rasa tanggung jawab yang besar seperti memberinya kekuatan berlipat untuk tetap bersama saya.
Jawaban yang benar: C, D, E
Soal 2
Teks Bacaan:
Cerpen “Seragam” karya Aris Kurniawan Basuki
Teks menceritakan peristiwa masa kecil antara tokoh dan sahabatnya yang berakhir pada kejadian penting.
Kompetensi: Pemahaman Inferensial
Sub Kompetensi: Memprediksi lanjutan atau akhir uraian/cerita berdasarkan bagian tertentu dalam teks
Bentuk Soal: PGK Kategori
Kunci: A; B; C
Soal:
Peristiwa apa yang mungkin akan terjadi kepada sahabatnya jika tokoh saya tidak ikut mencari jangkrik malam itu?
Tentukan Tepat atau Tidak Tepat untuk setiap pernyataan berikut.
No | Pernyataan | Tepat | Tidak Tepat |
---|---|---|---|
A | Sahabat saya masih memiliki seragam pramuka untuk dipakai. | ✔ | |
B | Punggung sahabat tokoh saya tidak akan mengalami luka bakar. | ✔ | |
C | Sahabat tokoh saya akan mencari jangkrik tanpa pelatihan berat. | ✔ |
Soal 3
Teks Bacaan:
“Hampir 25 tahun lalu kami berpisah karena keluarga saya harus boyongan ke kota tempat kerja Ayah yang baru di luar pulau…”
Kompetensi: Pemahaman Tekstual
Sub Kompetensi: Mengidentifikasi penggunaan kata serapan dari bahasa daerah/asing dalam berbagai bidang
Bentuk Soal: Pilihan Ganda (PG)
Kunci: C
Soal:
Apa makna kata “boyongan” pada kalimat tersebut?
Pilihan Jawaban:
A. Proses perpindahan yang sering dialami pegawai suatu instansi untuk kepentingan promosi jabatan
B. Pindahan pindah rumah dari kampung halaman ke tempat yang jauh untuk jangka waktu lama
C. Pindah rumah untuk menetap secara kedinasan orang di tempat baru yang letaknya sangat jauh
D. Proses perpindahan rumah tangga untuk keadaan darurat dan bersifat mendadak
E. Proses pindah rumah untuk sementara waktu dan akan berpindah lagi ke rumah dinas yang lain
Jawaban yang benar: C
Soal Matematika
Soal 1

Teks Gambar:
Pada trapesium berikut, diketahui:
- AD = BC
- AB sejajar dengan DC
- AB > DC
- ∠BAD = 70°
- ∠ABD = 30°
Kompetensi:
Memahami, mengaplikasikan, bernalar yang lebih dan tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait hubungan dua sudut, dua garis, dan dua bidang
Sub Kompetensi:
Geometri bidang
Bentuk Soal:
PGK Kategori
Kunci: A; B; C
Soal:
Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut terkait dengan besar sudut pada trapesium ABCD.
No | Pernyataan | Benar | Salah |
---|---|---|---|
A | ∠BCD = 110° | ||
B | ∠CBD = 40° | ||
C | ∠BDC = 40° |
Soal 2
Teks Gambar:
Seorang murid memperkirakan banyaknya penonton suatu video dalam ribuan yang dibuat oleh content creator A di media sosial mengikuti model f(t) = 3(2)^t, dengan t adalah banyaknya hari sejak video diunggah.
Kompetensi:
Aljabar (Materi)
Fungsi (Submateri)
Memahami, mengaplikasikan, bernalar yang lebih tinggi dan untuk menyelesaikan permasalahan terkait domain, kodomain, daerah hasil (range), dan grafik fungsi polinomial
Sub Kompetensi:
Fungsi eksponensial
Bentuk Soal:
PGK Kategori
Kunci: A; B; C
Soal:
Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut.
No | Pernyataan | Benar | Salah |
---|---|---|---|
A | Video tersebut hanya ditonton oleh 3.000 penonton setelah tepat 24 jam diunggah. | ||
B | Banyaknya penonton video meningkat dua kali lipat dari hari sebelumnya untuk beberapa hari setelah diunggah. | ||
C | Model banyaknya penonton ini tidak tepat untuk waktu yang cukup besar. |

Kompetensi:
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait operasi bilangan (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan gabungannya), beserta sifat-sifatnya
Sub Kompetensi:
Pengetahuan dan Pemahaman
Bentuk Soal:
Pilihan Ganda (PG)
Kunci: C
Pilihan Jawaban:
A. 8/21
B. 8/11
C. 11/12
D. 16/21
E. 2 8/21
Program Premium SNBT Cerebrum 2025
“Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal SNBT 2025 ” 🌟
Kunci sukses SNBT adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal SNBT seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.
📋 Cara Membeli dengan Mudah:
- Unduh Aplikasi Cerebrum: Temukan aplikasi Cerebrum di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
- Masuk ke Akun Anda: Login ke akun Cerebrum Anda melalui aplikasi atau situs web.
- Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
- Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BIMBELSNBT” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
- Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES2520”, masukkan untuk diskon tambahan.
- Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
- Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.